RSS

Pratikum Dasar Pemograman

Modul 1

Pratikum Dasar Pemograman

=================================================================
Topik : Pemahaman Algoritma


1. Misalkan terdapat dua gelas, yakni gelas “A” dan “B”. Gelas A berisi air berwarna merah, dan gelas B berisi air berwarna biru. Volume air di dalam kedua gelas sama. Bagaimana mempertukarkan isi kedua gelas sehingga gelas A berisi air berwarna biru, dan gelas B berisi air berwarna merah.
        Kondisi awal:
        Kondisi Akhir :



2. Misalkan anda mempunyai dua ember, masing-masing ber-volume 5liter dan 3 liter. Anda diminta untuk mendapatkan air (dari sebuah danau) sebanyak 4 liter dengan menggunakan bantuan hanya kedua ember tersebut. Terserah bagaimana caranya, anda boleh memindahkan air dari satu ember ke ember yang lain, membuang seluruh isi ember, dan sebagainya. Catatan: ember tidak memiliki ukuran.
Game: http://www.coolmath4kids.com/math_puzzles/Logic-waterjars/ Pertanyaan: Tuliskan langkah-langkah untuk mendapatkan air 4 liter tersebut.

3. (plastelina game) Ada sebuah keluarga terdiri dari 5 orang, akan menyeberang melewati jembatan pada malam hari dengan bantuan lampu yang hanya bisa bertahan 30 detik, dengan catatan:
a. Setiap orang mempunyai kecepatan yang berbeda-beda (1, 3, 6, 8, dan 12 detik).
b. Apabila yang melewati jembatan ada 2 orang, maka kecepatannya akan dihitung berdasarkan yang paling lambat.Game bisa di akses di: http://plastelina.net/game3.htmlPertanyaan: tuliskan langkah-langkah secara detail untuk menyelesaikan game tersebut
    4.  (Canibal Game) Bagaimana caranya untuk menyeberangkan tiga rahib dan 3 kanibal ke pulai di seberang, dengan catatan:
a. Perahu maksimal dapat ditumpangi dua orang.
b. Perahu tidak dapat berjalan sendiri (tanpa penumpang)
c. Jika jumlah rahib lebih sedikit dari kanibal, maka rahib akan dimakan oleh kanibal.
Link game: http://www.plastelina.net/game2.htmlPertanyaan: tuliskan langkah-langkah secara detail untuk menyeberangkan rahib dan kanibal ke pulai seberang

    5. (wolf game) seorang petani akan bepergian ke kota dengan membawa se-ekor kambing , anjing, dan rumput yang ketiganya memiliki berat yang tidak jauh berbeda. Ditengah jalan, petani harus menyeberangi sungai dengan menggunakan perahu dan untuk melaluinya petani tersebut tidak diperbolehkan membawa sekaligus bawaanya mengingat kapasitas kekuatan perahu tersebut, dan untuk melaluinya petani harus membawa satu per-satu bawaannya, dengan catatan:
a. Kambing makan rumput
b. Anjing makan kambing
Pertanyaan: tuliskan langkah-langkah secara detail untuk menyeberangkan semua barang bawaan petani tersebut, dan berapa kali petani harus membawa satu-persatu bawaanya.
Format Laporan

1. Dasar Teori

- Dasar Teori tentang algoritma dan pemrograman

- Karakteristik algoritma

- Flowchart

- Psoudecode

- Bahasa pemrograman

2. Langkah-langkah pemecahan masalah

3. referensi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar